Gimbap ‘Resep’

Gimbap atau kimbap adalah makanan ringan khas Korea yang sangat digemari.[1] Gimbap dibuat dari nasi yang digulung dengan rumput laut kering yang disebut gim. Isi dari gimbap dapat bermacam-macam, seperti daging, sosis atau omelet. Gimbap dipotong menjadi ukuran kecil dan disajikan dingin, biasanya disajikan dengan danmuji dan kimchi.

Bahan dasar gimbap adalah nasi, daging, sayuran yang diacar atau yang masih segar. Secara tradisional nasi dibumbui dengan garam dan minyak wijen atau minyak perilla. Isinya pun beragam, mulai dari ikan (dalam bentuk fish cake), daging kepiting, telur atau daging iga sapi yang dibumbui. Sedangkan bahan sayuran adalah ketimun, bayam, wortel dan danmuji.

Gimbap dipilih sebagai makanan terfavorit dari 100 jenis masakan Korea oleh orang asing. Mingguan terbesar Kanada, straight.com menulis artikel tentang gimbap dan membandingkannya dengan sushi dengan judul Korean kimbap rolls out of sushi’s shadow. Artikel itu juga menuliskan komentar: “No need for soy sauce, wasabi, or pickled ginger: kimbap stands alone. It’s a star waiting to be discovered

Bahan-bahan:
Nasi, minyak wijen, garam, wortel, rumput laut Korea, mentimun, sosis, lobak kuning, bayam Jepang, telur, bawang putih → semua bahan ini disediakan secukupnya tergantung berapa porsi yang mau disediakan.

Alat-alat yang diperlukan:
Kimbal (alat penggulung kimbab, terbuat dari bambu), pisau, wajan (untuk mendadar telur, memanaskan sosis, dan menumis wortel dan bawang putih), panci untuk merebus bayam, panci untuk memasak nasi.

Cara membuatnya:
1. Kupas kulit luar wortel, mentimun, dan lobak kuning kemudian potong panjang-panjang dan agak tipis.
2. Potong akar bayam Jepang, dipotong panjang-panjang, direbus, kemudian airnya dibuang, diperas sampai airnya hilang, lalu diberi bumbu garam dan minyak wijen.
3. Potong sosis panjang-panjang kemudian panaskan beberapa saat sampai hangat.
4. Tumis wortel dengan bawang putih dan garam.
5. Telur dikocok, digoreng dadar, kemudian dipotong panjang-panjang.
6. Nasi yang sudah matang lalu diberi bumbu garam dan minyak wijen.
7. Rumput laut diletakkan di atas kimbal (bagian yang agak kasar yang menghadap ke atas), taruh nasi secukupnya secara merata, lalu letakkan telur, sosis 2 buah (letakkan secara bersambung), wortel, bayam, dan lobak kuning
8. Gulung rumput laut yang sudah diisi bahan-bahan dengan menggunakan kimbal, dan jadilah kimbap

via : phytnung @blogspot & pink-adelheid @blogdrive

-hasna-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s