Berdoa

Akhwat BerdoaAllah berfirman:“Berdo’alah kepada-Ku, Aku akan mengabulkannya!”Rasulullah SAW bersabda dalam hadist Qudsi:“Jika hamba-Ku mengangkat tangannya dan berdo’a kepada-Ku, Aku tidak akan membiarkannya kembali dengan tangan hampa.”

“Wahai anak Adam! Do’a adalah tugasmu, mengabulkan adalah tugas-Ku; memohon ampun adalah tugasmu, memberi ampun adaah tugas-Ku; tobat adalah tugasmu, ampunan adalah tugas-Ku; syukur adalah tugasmu, memberi anugerah adalah tugas-Ku; sabar adalah tugasmu, bantuan adalah tugas-Ku… Apa permintaanmu yang tidak aku penuhi?!

Aku bergantung pada pengharapan hamba-Ku. Jadi, biarkanlah mereka memilih harapan mereka sendiri.”
Do’a dan Harapan

Pada hadist yang lain Rasulullah SAW. bersabda “Do’a adalah senjata kaum beriman.” Senjata merupakan alat yang digunakan sebagai pertahanan diri. Sehingga analogi yang digunakan oleh Rasulullah SAW dalam menjelaskan doa sebagai senjata adalah analogi yang sangat tepat. Dalam kehidupan kita sehari-hari senjata yang kita gunakan dalam bertahan hidup atau yang menandakan kita masih hidup adalah adanya “pengharapan.”

Harapanlah yang membedakan antara orang hidup dengan orang mati, harapanlah yang membedakan antara orang yang semangat dengan orang yang putus asa, dan harapan jugalah yang membedakan antara orang yang optimis dan orang yang pesimis. Do’a-doa yang kita ucapkan setiap hari merupakan tanda bahwa kita masih memiliki harapan dalam kehidupan, dan sebaik-baik tempat untuk menyandarkan harapan kita adalah Allah SWT Yang Maha Mengabulkan segala permintaan hamba-Nya.

Allah telah menetapkan takdir dalam kehidupan kita dan sudah menjadi kewajiban kita untuk mempercayainya karena itu merupakan wujud kesempuranaan iman. Tiada seorang pun yang dapat merubah ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Allah kecuali Allah sendiri yang melakukannya. Dan Allah sendiri yang telah mengajari kita untuk meminta kepada-Nya agar kita dapat mengubah takdir tersebut melalu do’a-do’a yang kita sampaikan kepada Allah SWT. Doalah inilah satu-satunya senjata yang ampuh untuk merubah keadaan. Dalam segala kesulitan hidup, ada solusinya dengan usaha dan doa. Doa merupakan karunia Allah kepada makhluk, serta bukti kasih sayang-Nya.
Do’a dan Ibadah

Mengapa sih kita sangat dianjurkan untuk berdo’a? Karena memang dalam doa terdapat intisari dan keutamaan ibadah. Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya yang lain yang menyatakan bahwa “do’a adalah inti ibadah.” Coba kita perhatikan bacaan dalam sholat merupakan serangkaian do’a-do’a, pada saat kita membaca ayat suci al-Qur’an kita juga membaca ayat-ayat do’a, jadi singkatnya pada setiap aspek ibadah yang kita lakukan terdapat doa dan permintaan kita kepada Allah.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Umar ra. Rasulullah SAW bersabda,”Doa itu bermanfaat terhadap apa-apa yang telah turun dan yang akan turun,maka hendaklah kalian beribadah kepada Allah dengan berdoa.” (Diriwayatkan oleh Hakim dan Ahmad).
Doa dan Kesempatan yang Mustajab

Keajaiban Berdoa

Ada 3 (tiga) hal atau kejadian yang meyebabkan doa-doa kita dikabulkan oleh Alla, yaitu
Doa pada waktu kita sedang bepergian atau sedang dalam perjalanan. Karena itu sering-seringlah kita berdoa atau berprasangka yang baik-baik pada waktu kita sedang bepergian
Doa Ibu (orangtua) kepada anaknya, bagi Anda yang mempunyai anak berhati-hatilah dengan ucapan atau doa yang Anda sampaikan. Berdoalah sesuatu hal yang besar, baik atau hal-hal yang hebat untuk anak-anak Anda.
Doa orang yang berpuasa.

Jika meminta kepada Allah merupakan ibadah, lalu kenapa kemudian sangat pelit untuk menyampaikan permintaan kepada Allah melalui doa-doa kita? Mari kita renungkan bersama-sama. Semoga tulisan singkat ini membawa manfaat kepada kita semua…Amin ya Rabbal ‘alamin.

 
 
via : elmasjid @wordpress 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s